Taat Menuntut Ilmu Agama

Taat Menuntut Ilmu Agama

Assalamu alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Sahabatku sholeh & sholehah, mari kita simak sabda Rasulullah saw., "Barangsiapa yang dikehendaki oleh ALLAH kebaikan baginya, maka Dia akan memberikan pemahaman kepadanya tentang masalah agama." (HR. Imam Muslim).


"Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka ALLAH akan memudahkan baginya jalan menujusurga." (HR. Imam Muslim).

Dan simak juga Kalam ALLAH ini dengan iman, "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis," maka lapangkanlah, niscaya ALLAH akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu," maka berdirilah, niscaya ALLAH akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan ALLAH Maha teliti apa yang kamu kerjakan." (QS 58:11).

Menuntut ilmu semata-mata karena ALLAH, berarti takut kepada ALLAH SWT.
Menuntut ilmu termasuk ibadah, dengan ilmu dapat mendekatkan seseorang kepada dzikrullah sebagaimana dikatakan bahwa tidak mungkin seseorang mengenal ALLAH tanpa ilmu, mengingat & menghafalnya adalah tasbih (memuji ALLAH), membahasnya untuk mendapatkan hakekat ilmu adalah jihad, membacanya adalah sedekah, dan menyebarkannya kepada orang lain adalah dakwah. Dengan ilmu dapat membedakan mana yang halal dan mana yang haram. 


Ilmu adalah tanda jalan ke surga, ilmu adalah penghibur hati kita ketika merasa gelisah, ilmu adalah sahabat dalam perjalanan, ilmu adalah juru bicara dalam kesunyian, ilmu adalah penolong ketika susah maupun senang serta ilmu adalah senjata dalam mengarungi kehidupan ini.

Karena ilmulah ALLAH SWT. mengangkat dan meninggikan derajat & kedudukan seseorang. Dimana ilmu merupakan cahaya bagi hati dan mata, dengan ilmu akan mendorong seseorang untuk menjadikan dirinya orang yang terbaik dikalangan ummat, maka seseorang yang berilmu akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di dunia & di akhirat.

Ilmu adalah petunjuk yang datang dari ALLAH SWT. melalui Baginda Rasulullah saw. Maksudnya untuk mengamalkan perintah2 & larangan2 ALLAH SWT. pada setiap saat dan keadaan, dengan Ilmu maka ALLAH akan memuliakan seorang hamba.


Ibnu Abbas r.huma. meriwayatkan sabda Rasulullah saw., "Satu orang yang paham ilmu agama (syariat Islam) yang tertidur ataupun bangun lebih ditakuti setan daripada seribu orang ahli ibadah." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Baihaqi).


Hal yang penting untuk menambah iman dan ilmu agama seseorang adalah dengan mengaktifkan majelis taklim dirumah-rumah bersama keluarga. Rumah yang di dalamnya ada majelis taklim yang mengingat ALLAH SWT. akan dinaungi atau dihadiri para malaikat serta rumah itu akan bercahaya sampai kelangit, diampuni dosa-dosanya serta membawa sakinah seisi rumah.


SubhanALLAH, "Semoga ALLAH memberikan kemudahan kepada kita untuk mendapatkan ilmu serta ketaatan menjalankan perintah-perintahNYA dan menjauhkan segala laranganNYA, Aamiin".
Previous
Next Post »
Thanks for your comment